Pelantikan Dr. Al Muktabar, M.Sc sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Pemerintah Provinsi Banten.

  • Pelantikan Dr. Al Muktabar, M.Sc   sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Pemerintah Provinsi Banten.
  • pelantikan
  • PL I

KP3B – Serang, 27 Mei 2019;

Gubernur Banten, H Wahidin Halim, resmi melantik  Dr. Al Muktabar, M.Sc   sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Pemerintah Provinsi Banten.

Pelantikan Sekretaris Daerah Provinsi Banten yang digelar di Gedung Pendopo Kantor Gubernur Banten, Senin (27/5/2019) yang juga dihadiri Wakil Gubernur Banten, didampingi saksi Rektor Untirta dan Dirjektur Jendral Bina Pembangunan Daerah Kementrian Dalam Negeri serta disaksikan oleh kepala daerah se-Banten, Legislator DPRD Banten dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Banten.

Dalam penyelenggaraan pemerintahan, peran kepala daerah tidak dapat dilepaskan dari peran Sekretaris Daerah (Sekda). Sekda membantu Kepala Daerah dalam menyusun kebijakan dan membina hubungan kerja yang baik dengan dinas, lembaga dan unit pelaksana lainnya.

Menurut Gubernur, reformasi birokrasi yang digaungkan oleh dirinya bersama Wakil Gubernur saat ini sudah berjalan dengan baik. Dengan kehadirian Sekda Banten diharapkan bertambah baik lagi.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Banten, Wahidin Halim dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah Provinsi Banten yang akhirnya dijabat secara defenitif oleh Dr. Al Muktabar, M.Sc di Gedung Pendopo Kantor Gubernur.

 

Pelantikan ini sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 52/TPA Tahun 2019 tanggal 20 Mei 2019 tentang perihal Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten, setelah sebelumnya dilakukan seleksi terbuka dan mendapatkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) berdasarkan surat Nomor: B-923/KASN/3/2019 tanggal 20 Maret 2019 perihal Rekomendasi Hasil Pelaksanaan Seleksi Terbuka JPT Madya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten

Jabatan Pimpinan Tinggi Madya juga berfungsi memimpin dan memotivasi setiap ASN melalui kepeloporan dalam bidang profesionalisme, pengembangan kerjasama dengan instansi lain, keteladanan dalam mengamalkan nilai dasar ASN dalam melaksanakan kode etik ASN yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Sekretaris Daerah juga harus bisa mengarahkan ASN Pemprov Banten dapat bekerja dengan mengedepankan skill, pengetahuan dan sikap yang baik sehingga dapat berkelas internasional. Integritas menunjukkan sejalannya hati, pikiran, perkataan dan perbuatan, dan yang terakhir inovasi terkait dengan bagaimana menumbuhkan ide-ide baru dalam bekerja.

(tim-berita-bkd)

Share :