Pelaksanaan Tes SKB selesai, ini yang perlu diperhatikan oleh Peserta

By Admin PPID 17 Des 2018, 12:32:14 WIB Berita BKD
Pelaksanaan Tes SKB selesai, ini yang perlu diperhatikan oleh Peserta

Sebanyak 543 peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Provinsi Banten pada hari Minggu dan Senin (9-10/12/2018) di Kantor Balai Kota Tangerang. Bagi peserta yang sudah memiliki sertifikat pendidik berpeluang diterima lebih besar jadi PNS dibanding peserta yang tak memiliki sertifikat tersebut.  Para peserta yang berhak mengikuti SKB sebanyak 566 orang, namun dikarenakan    1 orang merupakan honorer K2 sehingga tidak ikut SKB dan dinyatakan lolos CPNS.

Dalam pelaksanaan tes SKB tersebut, sebanyak 22 peserta tidak hadir sehingga dinyatakan gugur. Untuk kelulusan nanti penilaiannya menggunakan kalkulasi nilai SKB sebesar 60 persen, sedangkan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) 40 persen. Peserta SKB yang memiliki sertifikat pendidik juga diminta untuk mengumpulkan.

Hal yang perlu diperhatikan oleh peserta SKB yang memiliki Sertifikat Pendidik adalah himbauan dari  Tim Panitia Seleksi CPNS Provinsi Banten bahwa besok hari Selasa (18/12/2018) harus dapat menunjukan secara langsung fisik dari setifikat tersebut dan beberapa syarat lainnya seperti Ijazah dari jenjang pendidikan terendah sampai dengan terakhir serta Kartu Keluarga (KK).

Nantinya bagi pemilik sertifikat pendidik akan mendapatkan skor tambahan 100 poin. Dengan demikian pemilik sertifikat pendidik memiliki peluang lulus CPNS lebih besar lantaran dapat poin tambahan tersebut.

"Nilai maksimal SKB 500. Sedangkan bagi yang memiliki sertifikat pendidik akan mendapat tambahan 100 poin untuk nilai SKB," kata Drs. Ganis Diponegoro, Sekban BKD Provinsi Banten. Namun sertifikat pendidik tersebut harus valid dan linear.

Saat ini di Provinsi Banten peserta SKB yang mengumpul sertifikat pendidik sebanyak 20 orang dan masih dalam proses verifikasi. Untuk verifikasi sertifikat pendidik dilakukan dengan cek online di website PPG, cek fisik, cek data Dapodik di Dinas Pendidikan, dan cek linearitas. Sementara itu terkait pengumuman kelulusan CPNS ini rencananya akan diumumkan akhir Desember 2018.

Jika saat penggabungan nilai ada nilai yang sama, maka sesuai Kemenpan Nomor 36 tahun 2018 akan dilihat dari nilai SKD. Pertama dilihat nilai TKP saat SKD dulu kalau sama lanjut ke TIU, TWK. Kalau masih sama baru menggunakan perbandingan umur.

Setelah pengumuman dilanjutkan dengan pemberkasan di mana para peserta menunjukkan dokumen asli. Jika data tidak sesuai otomatis gugur dan akan diberikan pada peserta yang mendapat peringkat keduanya. (Admin_PPID)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment