KP3B Serang,15 April 2019: Bertempat di Aula
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemprov Banten dilaksanakan sosialisasi
dan pelatihan aplikasi e-Kenaikan Gaji Berkala (KGB) PNS dilingkungan Pemprov
Banten. Sosialisasi dibuka oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Banten dan
didampingi oleh Plt. Kepala Bidang Perencanaan dan Mutasi Pegawai Dra. Hj.
Bunayah, Kepala Sub Bidang Kepangkatan
dan Penggajian Raden Roro Dewi Sapto Sari, S.Sos, Kepala Sub Bidang Data dan
Informasi Kepegawaian Dian Herdiana, ST, serta Kepala Sub Bidang Pengembangan
Jabatan Fungsional Rudi Yatmawan, SE, M.Si.
Dalam rangka berupaya mewujudkan misi
Gubernur Banten yaitu Menciptakan
Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik (Good Governance), BKD Provinsi Banten mendukung
misi tersebut dalam hal pelayanan kepegawaian salah satunya adalah Kenaikan
Gaji Berkala (KGB) bagi Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Pemprov Banten dengan
lebih professional melalui layanan aplikasi e-KGB. KGB diberikan kepada PNS
yang telah mencapai masa kerja golongan yang ditentukan setiap 2 tahun sekali.
Melalui aplikasi tersebut, BKD
berdasarkan dengan tanggal surat kenaikan gaji berkala yang terakhir akan
menyampaikan nama-nama yang akan diproses kenaikan gaji berkalanya. Kemudian setiap
individu pegawai dapat mengecek sendiri. Setelah dirasa tidak ada lagi
kesalahan data, nama tersebut dapat mengirimkan persetujuan untuk dibuatkan
SKnya. Kemudian akan dikirmkan file Surat Keputusannya dalam format pdf dan
bisa diprint di unit kerjanya masing-masing.
Layanan e-KGB ini akan dimulai pada
bulan April 2019 dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi e-KGB
dengan alamat https://simpeg.bantenprov.go.id/kgb/ atau buka
aplikasi pelayanan kepegawaian SIMPEG kemudian pilih menu aplikasi E-KGB.
Kepala BKD Provinsi Banten berharap kedepannya
pelayanan kepegawaian khususnya KGB akan lebih mudah dengan aplikasi ini
sehingga tidak adalagi pegawai yang KGBnya tertinggal atau terlambat diproses
dengan alasan berkas hilang ataupun terselip. Hal ini merupakan komitmen BKD
Provinsi banten untuk terus melakukan terobosan dalam mempermudah dan
mempersingkat seluruh layanan kepegawaian, serta mengoptimalkan seluruh sistem
informasi kepegawaian yang cepat, tepat, dan akurat. Perjalanan sistem ini juga
tentu membutuhkan kerjasama dan komitmen seluruh pihak, terutama pihak setiap Operator
Perangkat Daerah dan Operator Sekolah SMA/SMK Negeri serta setiap individu
Pegawai Negeri Sipil di Provinsi Banten dalam melakukan rekonsiliasi data
melalui Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) yang dimiliki BKD.
Untuk tahap selanjutnya akan juga
diterapkan proses kenaikan pangkat secara digital (less-paper). Hal
tersebut sejalan dengan Layanan berbasis
less-paper yang dilakukan oleh Badan
Kepegawaian Negara (BKN) untuk memangkas
dokumen persyaratan administratif yang harus dipenuhi ketika mengajukan usulan
KP dan pensiun, sehingga proses pengusulan hingga penetapan dapat berjalan
singkat tanpa melewati alur yang panjang dengan prosedur yang kompleks.
Sosialisasi dan pelatihan ini dihadiri
oleh seluruh Pengelola Kepegawaian/Operator dilingkungan OPD Pemprov Banten
serta SMA/SMK Negeri se-Provinsi Banten.
(bkdprovbanten/15/4/19)