Penilaian IM NKK, KASN Kunjungi BKD Provinsi Banten

Penilaian IM NKK, KASN Kunjungi BKD Provinsi Banten

KP3B – Serang, 17 Oktober 2022

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menggelar mengunjungi Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Banten dalam rangka klarifikasi Instrumen Maturitas Nilai Dasar, Kode Etik, dan Kode Perilaku, di Pemerintah Provinsi Banten, Senin (17/10/2022). Yang dihadiri oleh Asisten Komisioner Kasn Pengawasan Bidang Penerapan Nilai Dasar, Kode Etik Dan Kode Perilaku, DR. Iip Ilham Firman, SSTP, M.Si, dan jajaran dari KASN. 

"Klarifikasi ini mudah-mudahan memberikan potret dan fakta-fakta jelas sesuai bukti yang ada, juga hasilnya bisa menjadi umpan balik untuk peningkatan sistem pengawasan mandiri yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Banten. Kami percaya komitmen ini tak akan berhenti di agenda kita ini, tapi berkelanjutan melalui tahapan-tahapan ke depan dalam penyusunan hingga penegakan NKK di Provinsi Banten," jelas Iip dalam sambutannya mengawali agenda klarifikasi tersebut. 



Pihak KASN selaku lembaga pengawas independen terhadap penerapan NKK tentu berkepentingan untuk mendorong seluruh instansi pemerintah dapat secara konsisten dan berkelanjutan memberikan perhatian terhadap kepatuhan dalam pelaksanaan NKK. Pengawasan yang dilakukan KASN berprinsip kepada perlindungan terhadap ASN, pencegahan, dan aktivasi kepada seluruh instansi pemerintah untuk melakukan sistem deteksi dini atas potensi pelanggaran NKK ASN.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Aparatur BKD Provinsi Banten, Drs. Dudi Herdiawan, M.Si, yang mewakili Kepala BKD Provinsi Banten mengatakan, saat ini pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan transformasi secara menyeluruh dengan menerapkan Peraturan Gubernur Banten tentang Kode Etik dan Peraturan Gubernur tentang Budaya Kerja yang memang saling melengkapi agar NKK di provinsi Banten dapat menjadi bagian keseharian semua Aparatur di Pemerintah Provinsi Banten.


"Sampai saat ini implementasi nilai AKHLAK terus dilakukan secara menyeluruh. Internalisasi yang dilakukan tidak sekedar bersifat konvensional seperti sosialisasi, tapi juga cara-cara kekinian," terang Komariah, Sub Koordinator Disiplin BKD Provinsi Banten yang turut mendampingi bersama beberapa pejabat BKD lainnya. 

Komariah juga melanjutkan, Pemerintah Provinsi Banten juga mengamplifikasi internalisasi nilai dengan menyiapkan agen perubahan di setiap unit kerja yang bertindak sebagai katalis implementasi nilai AKHLAK.

(tim-berita-bkd)

Share :