Guna meningkatkan Efektivitas Kinerja, Pejabat Pengelola Jafung di setiap OPD diberikan Pembinaan

By Admin PPID 17 Des 2018, 11:33:13 WIB Berita BKD
Guna meningkatkan Efektivitas Kinerja, Pejabat Pengelola Jafung di setiap OPD diberikan Pembinaan

Pembinaan terhadap jabatan fungsional pada hakikatnya tidak hanya menjadi tanggung jawab instansi Pembina. Namun dalam hal pembinaan karir dan pengembangan kompetensinya menjadi tanggungjawab masing-masing Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di masing-masing instansi pemerintah. PPK memiliki peran yang penting dalam hal perhitungan formasi kebutuhan akan Jabatan Fungsional, Pengadaan Jabatan Fungsional, Penilaian Kinerja Jafung, fasilitasi administrasi kepegawaian Jafung, perumusan rekomendasi pengembangan kompetensi sebagai narahubung antara jafung di instansinya dengan instansi pembina.

Berdasarkan hal tersebut, maka Badan Kepegawaian Daerah Profinsi Banten selaku instansi Pembina kepegawaian di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten telah melaksanakan sosialisasi pembinaan Jabatan fungsional di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Pertanian Provinsi Banten pada hari Rabu tanggal 05 Desember 2018. Pembinaan ini ditujukan bagi para Kasubag Umum dan Kepegawaian serta TIM Penilai Angka Kredit dari masing-masing OPD yang terdapat pemangku Jabatan fungsional. selain itu, pembinaan ini dihadiri pula oleh sebagian pegawai  yang telah memangku jabatan fungsional. Beberapa narasumber yang memberikan materi diantaranya dari BKN Pusat dan BKN Kanreg III Bandung.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Banten dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan penetapan angka kredit di lingkup Pemerintah Provinsi Banten pada dasarnya sudah berjalan dengan baik, akan tetapi masih terdapat beberapa OPD yang belum tertib administrasi dalam pengelolaan jabatan fungsional. Kedepannya, berbagai kekurangan tersebut perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Beliau juga menyampaikan salah satu kendala yang menyebabkan kekurangan dalam proses administrasi terjadi disebabkan kurangnya jumlah tim penilai angka kredit di Provinsi Banten serta beberapa penilai angka kredit yang belum bersertifikat. Sehingga perlu dilakukan pembekalan maupun peningkatan kompetensi yang sesuai, tuturnya.

Oleh karena itu, pembinaan terhadap pegawai yang terlibat langsung dalam pengelolaan Jabatan Fungsional di setiap OPD ini dilaksanakan. Hasil dari pembinaan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas Tim penilai Angka Kredit serta meningkatkan kinerja Tim Penilai Jabatan fungsional. (admin_PPID)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment