Semangat, Tingkatkan Kinerja Anda di Kantor!

Semangat, Tingkatkan Kinerja Anda di Kantor!

Bekerja dengan pintar memberikan Anda kemudahan untuk mengatur pekerjaan dan waktu yang tersedia dan pastinya berdampak pada meningkatnya kinerja yang mana selalu menjadi idaman pekerja apalagi pekerja yang tergolong dalam kategori milenial. Bekerja dengan pintar tidak rumit, cara-cara mencapainya pun tidak tergolong sulit. Hal yang terpenting yang menjadi bahan dasarnya adalah kemauan yang kuat serta motivasi untuk mewujudkannya.

Meningkatnya kinerja Anda akan membuat dirimu semakin berenergi untuk bekerja plus suasana hati yang lebih ceria. Pastinya, pada akhirnya sedikit demi sedikit meringankan beban pekerjaan Anda.

Berikut Tips untuk meningkatkan kinerja Anda di kantor.

1. Tulislah daftar pekerjaan yang harus Anda selesaikan dan tujuan bekerja hari ini.

Sebelum berangkat bekerja, siapkanlah diri Anda untuk bekerja. Bukan hanya sekadar menyiapkan diri secara tampilan tetapi juga meliputi pikiran Anda. Atur pikiran Anda mengenai hal-hal apa saja yang akan diselesaikan pada hari ini. Termasuk juga fokus atau tujuan apa yang mau dicapai hari ini. Mengatur keinginan Anda secara jelas tentunya akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan.

2. Prioritaskan pekerjaan berdasarkan tingkat urgensi

Setelah Anda membuat daftar pekerjaan, atur pekerjaan tersebut berdasarkan tingkat urgensi agar tidak membuat Anda repot saat menyelesaikannya. Kerjakanlah terlebih dahulu pekerjaan yang memiliki urgensi paling tinggi lalu setelah itu pekerjaan dengan urgensi yang rendah.

Pekerjaan dengan urgensi tinggi merupakan pekerjaan yang paling dibutuhkan secara mendesak dan tidak bisa ditinggalkan sedangkan pekerjaan dengan urgensi rendah berupa pekerjaan yang tidak mendesak dan masih bisa dikerjakan di kemudian waktu. Dalam situasi terburuk, jika Anda tidak bisa menyelesaikan semua pekerjaan dalam satu hari, setidaknya Anda telah mengerjakan pekerjaan yang paling penting dan mendesak.

3. Jadilah proaktif bukan reaktif

Kadang saat bekerja, beban pekerjaan yang kita berusaha untuk menyelesaikan cukup pelik dengan semakin banyaknya pekerjaan yang mendatangi kita baik berasal dari kolega ataupun atasan. Ambil alih kemudi, sortir pekerjaan yang paling penting dan mendesak hingga pekerjaan yang tidak mendesak. Lakukan pekerjaan sesuai dengan prioritas Anda agar pekerjaan Anda dapat terselesaikan tepat waktu.

Di lain situasi dimana saat pekerjaan tidak mendatangi Anda, pikirkanlah sebuah inisiatif yang bisa meningkatkan performa pekerjaan dan menguntungkan bagi perusahaan. Cobalah proaktif, tantang diri Anda sendiri dan lihatlah hasil baiknya!

4. Kalau bisa dikerjakan dalam 2 menit, kenapa ditunda?

Sering kali, pekerjaan yang terlihat sepele ditunda karena terlihat bisa dilakukan namun nanti saja karena sedang mengerjakan perihal lain. Nah, coba kurangi pemikiran ini ya. Karena dengan menunda terus pekerjaan Anda, nantinya Anda akan menghadapi beban pekerjaan yang tinggi dan membuat diri Anda penuh tekanan.

Ada sebuah obrolan saat kini yang bisa membantu Anda mengurangi beban pekerjaan Anda yaitu aturan 2 menit yang berbunyi kalau Anda bisa kerjakan dalam 2 menit, kenapa ditunda? Hal ini menyatakan bahwa setiap pekerjaan yang sekiranya bisa dikerjakan dalam waktu singkat maka lakukanlah. Aturan 2 menit ini efektif dalam mengatur waktu Anda serta bisa menimbulkan suasana hati yang senang karena pekerjaan bisa terselesaikan.

5. Daripada diam saja saat dalam perjalanan ke tempat kerja, gunakan waktu untuk merangkai kegiatan bekerja Anda

Bagi Anda yang sering bepergian kerja dengan kereta api, bis, ataupun menggunakan mobil sebagai penumpang, gunakan waktu bepergian dengan hal-hal yang berguna untuk meringankan beban pekerjaan. Seperti mengecek dan membalas email hingga menyortir pekerjaan hari ini. Jangan buang waktu berharga Anda dengan diam saja.

6.Usahakan untuk menghindari multitasking

Telah lama ini, banyak orang percaya dengan membagi fokus atau perhatian Anda terhadap berbagai pekerjaan dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Namun, nyatanya multitasking tidak sepenuhnya bisa membantu Anda. Yang ada malah Anda kerepotan menangani semuanya secara bersamaan dan membuang waktumu sia-sia.

Sebuah tips nih, lebih baik Anda fokus mengerjakan sebuah pekerjaan satu demi satu. Fokus yang terpadu maka Anda akan mengatur waktu dengan lebih baik dan pekerjaan terasa lebih ringan.

7. Diselang bekerja, jangan lupa istirahat

Walaupun Anda semangat sekali memulai mengerjakan pekerjaan Anda, jangan lupa lho untuk istirahat agar otak dan pikiran Anda bisa kembali produktif. Setiap orang memerlukan istirahat setiap kali melakukan pekerjaan. Lakukan istirahat secara berkala untuk memulihkan konsentrasi Anda saat bekerja.

8. Rapikan tempat bekerja

Merapikan tempat bekerja terlihat sepele, tapi jangan meremehkan. Kondisi meja yang berantakan membuat suasana hati Anda menurun, apalagi untuk bekerja. Disamping itu juga, membuat Anda sendiri susah berkonsentrasi. Jika Anda tidak mempunyai waktu yang cukup untuk membereskan meja Anda sendiri, maka rapikan meja bekerja sebelum pulang dari kantor.

Percayalah hal ini akan membantu Anda untuk berpikir lebih segar dan semangat bekerja. Bosan dengan meja bekerja yang datar-datar saja? Anda bisa membuatnya asri dengan dekorasi-dekorasi sederhana seperti menaruh foto, pernak pernik alat tulis yang menggemaskan atau buku-buku yang menginspirasi Anda.

9. Kurangi kadar perfeksionis

Sifat setiap orang berbeda, ada yang berambisi berlebihan (over-achiever) sehingga memastikan semua pekerjaan terlaksana dengan baik atau mempunyai hasil yang sempurna sesuai dengan harapan. Bagi orang yang perfeksionis, semua hal bisa diatur sekehendaknya namun banyak hal yang menyangkut pekerjaan terjadi di luar ekspektasi. Apa yang terjadi jika pekerjaan terjadi di luar ekspektasi? Biasanya perfeksionis akan mengerjakan ulang pekerjaan tersebut hingga sempurna. Pastinya hal ini sangat membuang waktu.

Hal yang tepat menanggulangi sisi perfeksionis ini adalah berusaha menyelesaikan pekerjaan sebaik mungkin  lalu melanjutkan mengerjakan lainnya. Jika ada yang salah atau ada yang perlu diedit kembali, Anda pastinya akan bisa balik mengerjakan pekerjaan semula sesuai dengan koreksi yang diberikan.

10. Jika notifikasi di laptop atau handphone mulai mengganggu, maka atur sedemikian rupa

Notifikasi berbagai aplikasi komunikasi di gadget Anda memang mengandung pesan yang penting untuk diperhatikan. Akan tetapi  jika Anda terus mengeceknya, konsentrasi Anda akan buyar dan banyak waktu yang terbuang. Oleh karena itu, kalau Anda sedang membutuhkan konsentrasi penuh atau tidak mau diganggu untuk beberapa waktu, maka matikan notifikasi sementara.

Nah, sekarang Anda tahu kan rahasia-rahasia untuk meningkatkan kinerja Anda saat berada di kantor. Semoga Anda bisa mengefisiensi waktu dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Selamat mencoba ya 😉

(dikutip dari sepulsa.com)





Share :